Selasa, 16 Oktober 2012

Dianggarkan Penghijauan Jalan Lintas

Laporan Syahri Ramlan, Bagansiapi-api syahriramlan@riaupos.co

Kegiatan penghijauan dalam memeriahkan Hari Jadi Rohil ke-13 yang dipusatkan di sepanjang Jalan Lintas Bagansiapi-api - Sinaboi, tampaknya bakal segera ditingkatkan.

Gilirannya, Pemkab Rohil kembali menganggarkan dana untuk kegiatan penghijauan di Jalan Lintas Bagansiapi-api - Sinaboi yang panjangnya mencapai sekitar 29 kilometer.

‘’Kegiatan penghijauan yang dilaksanakan kemarin itu kan, kondisinya masih perlu ditingkatkan. Karena, waktu penghijauan itu disiapkan sebanyak 400 batang bibit mahoni yang disebarkan di empat kepenghuluan yang ada di Kecamatan Sinaboi,’’ kata Sekda Rohil Drs H Wan Amir Firdaus Msi yang ditemui Riau Pos, Kamis (4/10) di Kawasan Batuenam.

Bila dibandingkan panjang jalan lintas yang mencapai sekitar 29 kilometer serta jalan tembus dari Sinaboi ke Dumai sejauh 12 kilometer, tambah Amir Firdaus, maka bibit mahoni yang telah disiapkan masih perlu untuk ditambah.

‘’Berapa banyak bibit yang bakal disiapkan, tentu kan harus dihitung-hitung dulu. Jarak permeternya. Yang jelas, kita segera anggarkan dana untuk kegiatan penghijauan itu,’’ kata Amir Firdaus.

Pertimbangannya, lanjut Amir Firdaus, Jalan Lintas Bagansiapi-api - Sinaboi tersebut menjadi sarana pendukung utama jalan lintas pesisir pantai dan urat nadi terpenting ke Dumai.

‘’Dengan adanya penataan yang dilaksanakan dari awal ini, maka ke depan saat program infrastruktur selesai, kondisinya sudah bagus dan menghijau oleh tanaman mahoni,’’ kata Amir Firdaus.

Menjawab Riau Pos, Amir Firdaus menjelaskan, kegiatan penghijauan di jalan lintas Bagansiapiapi - Sinaboi tersebut direncanakan bakal dialokasikan dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun anggaran 2012.

‘’Yang jelas, kita anggarkan secara bertahap. Kalau tidak memungkinkan di APBD perubahan, ya kita masukan di anggaran tahun berikutnya. Intinya, kita lakukan secara bertahap,’’ kata Amir Firdaus.(jrr)  
Akses lebih cepat di peralatan mobile anda: m.riaupos.co
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar